Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gereja Tradisional Vs Karismatik (2)


Memang suatu kesalahan besar menuduh gereja tradisional yang berumur lebih dari 1 abad, seperti HKBP yang umurnya bahkan melebihi umur negara Indonesia), yang mempunyai andil besar dalam pengabaran Injil di Indonesia, (bahkan sebelum gerakan Karismatik beredar di Indonesia) sebagai gereja yang tidak mempunyai Roh Kudus

Tetapi ternyata dalam kalangan gereja Tradisional sendiri, terdapat suatu kesalahan yang juga fatal, dimana banyak umat gereja Tradisional menganggap bahwa :

" KARISMATIK BERASAL DARI SETAN, BUKAN DARI ROH KUDUS"

Lho, kalau dari setan, gimana mungkin "setan mengusir setan" seperti yang dikatakan oleh Alkitab ketika orang Farisi berkata:

"tetapi ada yang berkata, "Ia bisa mengusir roh jahat karena kuasa Beelzebul, kepala roh jahat itu." 

 (Lukas 11:15 - BIS
dan jawab Yesus:
"Begitu juga di dalam kerajaan Iblis; kalau satu kelompok berkelahi dengan kelompok yang lain, kerajaan itu akan runtuh. Kalian berkata bahwa Aku mengusir roh jahat karena kuasa Beelzebul.

Kalau begitu, dengan kuasa siapa pengikut-pengikutmu mengusir roh-roh jahat itu? Pengikut-pengikutmu itu sendirilah yang membuktikan bahwa kalian salah!
"
(Lukas 11:18-19 - BIS)

Nah, udah jelaskan. Persis nggak tuduhan umat tradisional dengan tuduhan orang Farisi kepada Yesus. Kok, bisa sama ya, hebat nggak, tuduhan 2000 tahun lalu, kembali terdengar 2000 tahun kemudian. Juga banyak tuduhan dari gereja tradisional yang mengatakan,

"Bahasa Roh" dalam Gereja Karismatik berasal dari Setan"

Lho!, yang ngomong begini pernah baca Alkitab nggak?.. 

Jangan, jangan yang dibaca Alkitab dari Injil Yudas atau injil Barnabas yang diributkan oleh penganut Lucifer dan saudara kita dari kaum seberang .

Salah bung !!! bacanya Alkitab dari LAI atau kalau mau keren, baca versi asli dari bahasa Yunaninya, itu kalo bisa Bahasa Yunani, kalo cuma bisa bahasa batak, jawa, atau bahasa
lainnya yang ada di Indonesia, ada kok, Alkitab resmi dalam berbagai bahasa, kalau mau lebih jelas, masuk aja ke LAI, atau  kalau mau Alkitab berbagai versi dari jaman bahasa Ibrani sampai jaman satelit liat aja di internet.

Pernah baca ayat ini nggak ?,
Kisah Para Rasul 19:6 - BIS
"Dan pada waktu Paulus meletakkan tangannya ke atas mereka, Roh Allah menguasai mereka, lalu mereka mulai berbicara dalam bahasa-bahasa yang aneh serta menyampaikan berita dari Allah.."

atau ayat ini ?
1 Korintus 12: 8-11 - BIS
"Kepada yang seorang, Roh itu memberikan kesanggupan untuk berbicara dengan wibawa. Kepada yang lain Roh yang sama itu memberikan
kesanggupan untuk menjelaskan tentang Allah
.

Roh yang satu itu juga memberikan kepada orang yang satu, kemampuan yang luar biasa untuk percaya kepada Kristus

sedangkan kepada yang lain
Roh itu memberikan kuasa untuk menyembuhkan orang.

Kepada seorang diberikan kuasa untuk mengadakan keajaiban dan 

kepada yang lain diberikan karunia untuk
memberitahukan rencana-rencana Allah. 

Kepada yang lain lagi Roh itu memberi kesanggupan untuk membeda-bedakan mana karunia yang dari Roh Allah dan mana yang bukan. 

Ada yang diberikan kesanggupan untuk berbicara dengan berbagai bahasa yang ajaib, dan ada pula yang diberikan kesanggupan untuk menerangkan arti bahasa-bahasa itu.

Semuanya itu dikerjakan oleh Roh yang satu itu juga; masing-masing orang diberi karunia yang tersendiri menurut kemauan Roh itu sendiri
atau ayat ini ?
1 Korintus 12:28
"Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh"

Udah pernah, belum? Belum pernah ya, hm, nggak apa-apa kok, mulai sekarang mulai baca Alkitab ya, jangan cuma dengarin khotbah dari pendetanya aja, iya kalo pendetanya benar, kalo pendetanya berasal dari kalangan pendeta sesat gimana??

Saudara-saudaraku yang terkasih, jangan kuatir dengan apa yang pernah terjadi, mulai sekarang cobalah mengerti satu sama lainnya. 

Penulis sendiri mengetahui dan menyadari memang ada beberapa kasus, dimana orang yang berbahasa Roh, ternyata bukan berasal dari Roh Kudus, tetapi dari roh sesat.

Dan kepada saudara-saudara dari karismatik, jangan bangga apabila bisa berbahasa roh, karena beberapa suku terbelakang di Afrika, apabila mengadakan ritual, juga mengalami "bahasa roh", hanya ini rohnya berasal dari tante Luci (fer).

Sekarang untuk kedua umat gereja begini saja, "Ujilah segala sesuatu", tanya kepada Tuhan, don't trust anybody, but GOD

Oh, saudara-saudaraku, Tuhan sangat mengasihi kita semua. Kita mempunyai keistimewaan diangkat menjadi "anak-anak Allah", bukan karena daging, bukan karena amal baik kita, tapi karena pengorbanan Yesus di kayu salib.
 
NOTE: Tulisan ini dibuat menjadi 2 bagian, saya harap anda juga membaca bagian 1 nya "KARISMATIK VS TRADISIONAL " di kedua tulisan ini saya mencela baik pihak gereja tradisional maupun karismatik yang merasa dirinya paling benar. Bahasa yang saya gunakan agak kasar untuk membuat anda tertarik, thx Gbu

Posting Komentar untuk "Gereja Tradisional Vs Karismatik (2)"

pictory