Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nubuat dan Penggenapannya (1)

Nubuat -dan -Penggenapannya- 1
Yesus Kristus adalah tokoh yang kontroversial dari 2000 tahun yang lalu hingga saat ini. Banyak orang yang mencemooh, menghina bahkan menghujat Dia. Tapi semakin dibenci semakin banyak orang yang menjadi pengikutNYA.

Yesus sendiri telah berpesan kepada pengikutNya

Yohanes 15:19

"Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu".

Setiap Pengikut Yesus akan dibenci oleh dunia. Karena dunia serta isinya saat ini dikuasai oleh si JAHAT. Memang Yesus telah mengalahkan si JAHAT, bahkan kunci nerakapun dipegang oleh Yesus, hanya IA belum memerintah secara resmi di dunia ini. IA baru memerintah pada saat kedatangannya yang kedua kali.

Perkembangan Kekristenan di dunia saat ini sedang mengalami perubahan, jika tadinya sangat populer di negara Amerika dan negara-negara di Eropa, maka saat ini dinegara tersebut umat kristen mengalami penurunan. Banyak gereja-gereja yang bangku-bangkunya kosong dan pengunjungnya hanya orang-orang tua.

Hal ini terjadi karena kemajuan jaman dan gaya hidup materialisme dan hedonisme yang semakin meningkat, maka orang semakin tidak membutuhkan agama atau Tuhan dalam hidupnya, karena agama atau Tuhan hanya menjadi penghambat dalam gaya hidup hedonisme dan materialisme. Gaya hidup yang memanjakan keinginan daging dan hawa nafsu duniawi.

Agama kristen semakin berkembang pesat di negara-negara miskin dan berkembang di belahan dunia Asia, Afrika. Kemajuan yang sangat pesat dapat dilihat di negara Cina. Walaupun umat kristen dianiaya tetapi bukannya berkurang, malah semakin berkembang.

Demikian juga di negara-negara yang tadinya umat kristen hanya sedikit saat ini banyak mengalami perubahan. Misalnya: India dengan mayoritas penduduknya yang menganut Hindu, dari hari kehari semakin banyak yang berpindah menjadi pengikut Yesus.

Di belahan benua Afrika, penganut agama kristen juga mengalami perubahan yang pesat. Benua yang sejak semula telah dikutuk Tuhan dan menjadi sarang Iblis, (walaupun sehari-hari penduduknya menganut agama), makin banyak penduduknya yang mengaku menjadi Pengikut Yesus. Bahkan ada beberapa penginjilnya yang telah menjadi penginjil kelas dunia.

Untuk Asia, Korea Selatan adalah contoh yang paling luar biasa dari perkembangan agama kristen di Asia. Agama yang semula hanya agama minoritas, menjadi agama mayoritas di negara tersebut. Salah satu tanda kedatangan Yesus ke dunia ialah "Injil telah diberitakan keseluruh suku bangsa di dunia", dan saat ini perintah tersebut hampir digenapi.

Hampir seluruh suku bangsa telah menerima atau mendengar khabar tentang Injil. Syarat yang ditetapkan ialah dari satu suku bangsa minimal 1 orang menjadi orang kristen. "Jadikanlah semua bangsa muridKU", itulah perintah Tuhan, bukannya "Jadikanlah semua orang muridKU"

Menurut data-data yang dikumpulkan oleh Peter Wagner, pada saat ini hampir seluruh suku bangsa di muka bumi telah mendengar pemberitaan tentang Injil. Bagi suku-suku yang belum pernah mendengar tentang Injil, pada saat ini telah dikirim misionaris agar suku-suku tersebut dapat mendengar khabar gembira tentang Juru Selamat,

Dan bukan hanya misionaris yang dikirimkan, tetapi pendoa-pendoa syafaat juga bekerja keras dalam doa-doanya agar sisa-sisa suku tersebut, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Yesus sendiri bukan secara tiba-tiba dinobatkan sebagai Tuhan dan Juruselamat, kedatanganNYA ke dunia telah dinubuatkan ratusan tahun bahkan telah dinubuatkan dua ribu tahun sebelum kelahiranNYA.

Banyak orang saat ini yang menolak mengakui Yesus sebagai Tuhan. Ada yang menganggap IA hanya sebagai guru, ada yang menganggap IA sebagai nabi, ada yang menganggap IA hanya manusia biasa, bahkan bagi orang Yahudi ia adalah seorang "Yahudi Sesat".

Memang hanya waktu yang akan membuktikan siapa Yesus sebenarnya, Apakah IA memang hanya guru/rabbi, atau IA memang nabi Tuhan ataukah IA orang gila yang mengaku sebagai Mesias.

Mesias adalah seorang tokoh yang dinanti-nantikan oleh seluruh orang Yahudi sejak jaman dahulu kala. Mesias atau Juru Selamat adalah tokoh yang nantinya akan membawa bangsa Israel menjadi bangsa yang terkemuka, Tokoh yang membebaskan Israel dari kaum penjajah. Itulah anggapan orang Israel tentang Mesias yang mereka nanti-nantikan.

Kedatangan Mesias bukanlah khabar dongeng bagi bangsa Israel, kedatangan Mesias mereka ketahui dari kitab suci mereka. Dan para ahli kitab mengetahui persis ayat-ayat mana dalam kitab suci mereka yang menjelaskan tentang kedatangan Mesias tersebut.

Hal ini dapat dilihat dari kedatangan Orang Majus yang bertemu dengan raja Herodes, dan sang raja memerintahkan para ahli kitab untuk mencari tahu dimana Mesias akan dilahirkan.

Membuat nubuat dan menggenapinya bukanlah hal yang mudah, menurut teori probabilitas, maka nubuat di Alkitab kemungkinan penggenapannya adalah sangat kecil sekali, tetapi sekali lagi kita berhadapan dengan Tuhan kita yang Hidup, "Akulah Allah Abraham, Ishak dan Yakub". Tuhan yang Maka Kuasa, Allah yang Ajaib".

Ternyata nubuat-nubuat tersebut digenapi seluruhnya. Alkitab Perjanjian Lama dari Kitab Kejadian sampai Kitab Maleakhi berisikan nubuat tentang kedatangan Yesus, Mesias yang ditunggu-tunggu.

Hanya saja seperti biasa Tuhan mempermainkan orang-orang yang mengaku pintar di dunia ini, Mesias yang ditunggu-tunggu bukanlah seorang manusia biasa, tetapi ALLAH sendiri yang menjadi Manusia.

Allah yang ber Inkarnasi menjadi manusia. untuk melaksanakan hukuman yang IA sendiri telah jatuhkan kepada umat manusia yang berdosa, yaitu orang tersebut harus mati dan masuk dalam neraka.

Untuk membatalkan hukuman yang IA sendiri telah buat adalah hal yang tidak mungkin bagiNYA, karena IA adalah Allah yang adil, dan Firman yang keluar dari mulutNYA tidak dapat ditarik kembali, oleh sebab itu IA sendiri bersedia menerima hukuman yang seharusnya dijatuhkan buat umat manusia. Hal ini TUHAN lakukan karena IA sangat mengasihi manusia.

Dengan ditanggungnya hukuman tersebut, bukan berarti seluruh manusia telah terluput dari hukuman, yang dapat luput dari hukuman ialah manusia yang percaya kepadaNya.

Banyak orang Kristen saat ini yang tidak mengetahui bahwa kedatangan Yesus ke dunia telah dinubuatkan sejak 6000 tahun yang lalu. Dibawah ini kami tuliskan nubuat tentang kedatangan Tuhan Yesus dan penggenapan dari nubuat tersebut.

1. JURU SELAMAT AKAN DILAHIRKAN DARI KETURUNAN HAWA

Ketika Adam dan Hawa telah jatuh ke dalam dosa, maka TUHAN mengucapkan suatu pernyataan kepada IBLIS:

Nubuat : Kejadian 3:15

"Engkau (Iblis) dan perempuan itu akan saling membenci, keturunannya dan keturunanmu akan selalu bermusuhan. Keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan menggigit tumit mereka."

Penggenapannya : Galatia 4:4

"Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat."

Nubuat ini dibuat 2000 tahun sebelum Yesus lahir.

2. JURU SELAMAT AKAN DILAHIRKAN DARI SEORANG PEREMPUAN

Nabi Yesaya yang hidup sekitar 700 tahun sebelum kelahiran Yesus, telah menubuatkan kelahiran Yesus

Nubuat: Yesaya 7:14

"Sekarang, TUHAN sendiri akan memberi tanda kepadamu: Seorang gadis yang mengandung akan melahirkan seorang putra yang dinamakannya Imanuel (Allah Beserta Kita)".

Penggenapannya: Lukas 1:27-35 - Bahasa Indonesia Sehari-Hari

Luk 1:27 Gabriel diutus kepada seorang perawan, bernama Maria. Perawan itu sudah bertunangan dengan seorang yang bernama Yusuf, keturunan Raja Daud.

Luk 1:28 Malaikat itu datang kepada Maria dan berkata, "Salam, engkau yang diberkati Tuhan secara istimewa! Tuhan bersama dengan engkau!"

Luk 1:29 Mendengar perkataan malaikat itu Maria terkejut, sehingga bertanya-tanya dalam hati apa maksud salam itu.

Luk 1:30 Maka malaikat itu berkata kepadanya, "Jangan takut, Maria, sebab engkau berkenan di hati Allah.

Luk 1:31 Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak, yang harus engkau beri nama Yesus.

Luk 1:32 Ia akan menjadi agung dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Tuhan Allah akan menjadikan Dia raja seperti Raja Daud, nenek moyang-Nya.

Luk 1:33 Dan Ia akan memerintah sebagai raja atas keturunan Yakub selama-lamanya. Kerajaan-Nya tidak akan berakhir."

Luk 1:34 "Tetapi saya masih perawan," kata Maria kepada malaikat itu, "bagaimana hal itu bisa terjadi?"

Luk 1:35 Malaikat itu menjawab, "Roh Allah akan datang kepadamu, dan kuasa Allah akan meliputi engkau. Itulah sebabnya anak yang akan lahir itu akan disebut Kudus, Anak Allah."

Nubuat yang diucapkan 700 tahun sebelum kelahiran Yesus digenapi, dan Yesus lahir dari seorang anak dara (perawan)

Bersambung ke Bagian 2

Posting Komentar untuk " Nubuat dan Penggenapannya (1)"

pictory