Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nubuat dan Penggenapannya (5)

Nubuat- dan- Penggenapannya-  5
31. JURU SELAMAT AKAN DIKHIANATI DENGAN UANG 30 KEPING PERAK

Nubuat: Zakharia 11:13

"Lalu aku berkata kepada mereka: "Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah!" Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak"

Penggenapan: Matius 26:14-16 - BIS

Mat 26:14 Lalu seorang dari kedua belas pengikut Yesus, yang bernama Yudas Iskariot, pergi kepada imam-imam kepala".

Mat 26:15 Ia berkata kepada mereka, "Apakah yang akan kalian berikan kepadaku kalau aku menyerahkan Yesus kepadamu?" Maka mereka menghitung tiga puluh uang perak, lalu memberikan uang itu kepadanya.

Nabi Zakharia yang diperkirakan hidup antara tahun 520 - 480 SM telah meramalkan bahwa Sang Mesias akan dikhianati dan nilai pengkhianatan tersebut sebesar 30 keping perak.

Bagaimana mungkin seseorang dapat menubuatkan suatu peristiwa yang akan terjadi 500 tahun yang akan datang dengan tepat. Hanya TUHAN yang sanggup.

32. UANG PENGKHIANATAN TERSEBUT AKAN DILEMPARKAN KEDALAM BAIT SUCI

Nubuat: Zakharia 11-13

"Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Serahkanlah itu kepada penuang logam!" -- nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak itu dan menyerahkannya kepada penuang logam di rumah TUHAN"

Penggenapan: Matius 27:5

"Yudas melempar uang itu ke dalam Rumah Tuhan, lalu pergi dan menggantung diri"

Yudas Iskariot seorang murid Yesus yang mengkhianati Tuhannya, setelah melihat Yesus ditangkap menyesali perbuatannya, dan ia mengembalikan uang yang diterimanya dari Imam-imam, tetapi imam-imam tersebut tidak mau menerima pengembalian uangnya, karena sangat menyesal, maka Yudas menggantung dirinya di sebuah pohon

33. UANG PENGKHIANATAN TERSEBUT DIBELIKAN "TANAH TUKANG PRIUK"

Nubuat: Zakharia 11-13

"Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Serahkanlah itu kepada penuang logam!" -- nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak itu dan menyerahkannya kepada penuang logam di rumah TUHAN"

Penggenapan: Matius 27:6-10

27:6 Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: "Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah"

27:7 Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.

27:8 Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.

27:9 Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: "Mereka menerima tiga puluh uang perak, yaitu harga yang ditetapkan untuk seorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang Israel,

27:10 dan mereka memberikan uang itu untuk tanah tukang periuk, seperti yang dipesankan Tuhan kepadaku"

34. JURU SELAMAT AKAN DITINGGAL MURID-MURIDNYA

Nubuat: Zakharia 13:7

"Hai pedang, bangkitlah terhadap gembala-Ku, terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!", demikianlah firman TUHAN semesta alam. "Bunuhlah gembala, sehingga domba-domba tercerai-berai! Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah"

Penggenapan: Markus 14:27; 50

14:27 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Kamu semua akan tergoncang imanmu. Sebab ada tertulis: Aku akan memukul gembala dan domba-domba itu akan tercerai-berai

14:50 "Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri"

Setelah Yesus ditangkap, maka murid-muridNYA semuanya meninggalkan DIA, dan lari menyembunyikan diri. Itulah sifat orang-orang terdekat yang telah hidup dengan Yesus selama 3 1/2 tahun. 

Tetapi setelah pencurahan Roh Kudus atas mereka, maka mereka menjadi orang yang paling pemberani di dunia. Semua murid Yesus (kecuali Yohanes), mati menjadi martir.

35. SAKSI-SAKSI DUSTA AKAN MELONTARKAN TUDUHAN PALSU MENYERANG JURU SELAMAT

Nubuat: Mazmur 35:11

"Saksi-saksi jahat bangkit melawan aku, dan menuduh aku melakukan hal-hal yang tidak kuketahui"

Penggenapan: Matius 26:59-60

Mat 26:59 Imam-imam kepala dan seluruh Mahkamah Agama berusaha mendapat kesaksian palsu untuk dapat menjatuhkan hukuman mati ke atas Yesus.

Mat 26:60 Tetapi mereka tidak mendapat satu bukti pun, meskipun banyak yang maju sebagai saksi dusta. Akhirnya ada dua orang yang tampil ke depan.

36. JURU SELAMAT AKAN DIAM DIHADAPAN PENUDUHNYA

Nubuat: Yesaya 53:7

"Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya"

Penggenapan: Matius 27:12

"Tetapi atas tuduhan yang diajukan imam-imam kepala dan tua-tua terhadap Dia, Ia tidak memberi jawab apapun"

Pada masa itu apabila seseorang bersalah maka paling sedikit harus ada dua saksi yang menyaksikan orang tersebut melakukan kesalahan. Karena tidak menemukan kesalahan apapun pada Yesus, maka Imam-imam tersebut menyewa orang-orang yang melakukan tuduhan palsu terhadap Yesus.

37. JURU SELAMAT AKAN DIPUKUL DAN DILUDAHI

Nubuat: Yesaya 50:6

"Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi"

Penggenapan: Matius 26:67

"Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia"

38. JURU SELAMAT AKAN DIANIAYA DAN DILUKAI

Nubuat: Yesaya 53:5

"Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh"

Penggenapan: Matius 27:26

"Lalu ia membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan".

39. JURU SELAMAT AKAN DIOLOK-OLOK

Nubuat: Mazmur 22:7-9

22:7 Tetapi aku ini ulat dan bukan orang, cela bagi manusia, dihina oleh orang banyak.

22:8 Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya:

22:9 "Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya

Penggenapan: Matius 27:38-43

27:38 Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri-Nya.

27:39 Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala,

27:40 mereka berkata: "Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu jikalau Engkau Anak Allah, turunlah dari salib itu!"

27:41 Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli-ahli Taurat dan tua-tua mengolok-olokkan Dia dan mereka berkata:

27:42 "Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya.

27:43 Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah.

40. JURU SELAMAT AKAN DITOLAK OLEH BANGSANYA SENDIRI

Nubuat: Yesaya 53:3

"Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan"

Penggenapan: Lukas 23: 21-23

23:21 Tetapi mereka berteriak membalasnya, katanya: "Salibkanlah Dia! Salibkanlah Dia!"

23:22 Kata Pilatus untuk ketiga kalinya kepada mereka: "Kejahatan apa yang sebenarnya telah dilakukan orang ini? Tidak ada suatu kesalahan pun yang kudapati pada-Nya, yang setimpal dengan hukuman mati. Jadi aku akan menghajar Dia, lalu melepaskan-Nya".

23:23 Tetapi dengan berteriak mereka mendesak dan menuntut, supaya Ia disalibkan, dan akhirnya mereka menang dengan teriak mereka.

Nubuat yang ditulis oleh nabi-nabi dalam Alkitab Perjanjian Lama, ialah nubuat-nubuat yang ditulis berdasarkan penglihatan atau ditulis berdasarkan petunjuk dari Roh Allah. Tidak pernah ada nubuat yang sangat akurat seperti yang tertulis dalam Alkitab

Bersambung ke Bagian Enam

Posting Komentar untuk "Nubuat dan Penggenapannya (5)"

pictory