Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nubuat dan Penggenapannya (3)

Nubuat -dan- Penggenapannya -3
13. JURUSELAMAT TELAH ADA JAUH SEBELUM SEGALA SESUATU DICIPTAKAN

Sang Mesias yang akan lahir sebenarnya sudah ada jauh sebelum dunia dijadikan, hal ini telah diterangkan oleh nabi Mikha 700 tahun sebelum sang Mesias lahir menjadi manusia di dunia ini

Nubuat: Mikha 5:1

"Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala"

Penggenapan: Kolose 1:17 -  BIS

"Sebelum segala sesuatu ada, Kristus sudah terlebih dahulu ada. Dan karena Dialah juga maka segala sesuatu berada pada tempatnya masing-masing"

Segala sesuatu telah diciptakan oleh sang Mesias, bahkan dunia ini diciptakan di dalam DIA. IA datang kedalam dunia yang IA ciptakan, tetapi dunia tidak mengenalNYA dan tidak menerimaNYA.

14. JURU SELAMAT ITU AKAN DISEBUT "TUHAN"

Nubuat: Mazmur 110:1

"Mazmur Daud. TUHAN berkata kepada tuanku, "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuhmu Kutaklukkan kepadamu"

Penggenapan: Markus 12:35-37

"Sementara mengajar di Rumah Tuhan, Yesus bertanya, "Bagaimanakah guru-guru agama dapat mengatakan bahwa Raja Penyelamat itu keturunan Daud?"

Mar 12:36 "Padahal Daud sendiri--karena diilhami oleh Roh Allah--berkata, 'Tuhan berkata kepada Tuhanku: duduklah di sebelah kanan-Ku sampai Aku membuat musuh-musuh-Mu takluk kepada-Mu"

Mar 12:37 Jadi kalau Daud menyebut Raja Penyelamat itu 'Tuhan', bagaimana mungkin Dia keturunan Daud?" Orang banyak yang berada di Rumah Tuhan itu senang mendengar Yesus mengajar."

Ayat diatas menjelaskan bahwa Daud dibawah kuasa Roh Kudus ingin menjelaskan bahwa ALLAH akan telah berinkarnasi dan menjadi manusia. Dan Mesias akan memerintah dan duduk disebelah kanan ALLAH BAPA sampai semua musuh telah ditaruh dibawah kakiNYA.

15. JURU SELAMAT AKAN DISEBUT IMANUEL (ALLAH MENYERTAI KITA)

Yesaya yang hidup 700 tahun sebelum Yesus Kristus telah menubuatkan bahwa Mesias akan lahir dari seorang anak dara (perawan)

Nubuat: Yesaya 7:14

"Sekarang, TUHAN sendiri akan memberi tanda kepadamu: Seorang gadis (perawan) yang mengandung akan melahirkan seorang putra yang dinamakannya Imanuel."

PenggenapanMatius 23-25 - BIS

Mat 1:23 "Seorang perawan akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Anak itu akan dinamakan Imanuel." (Imanuel adalah kata Ibrani yang berarti, "Allah ada bersama kita."

Mat 1:24 Sesudah Yusuf bangun, ia melakukan apa yang dikatakan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia menikah dengan Maria.

Nubuat tersebut dipenuhi dengan kelahiran Yesus dari anak dara (perawan Maria). Banyak orang yang tidak percaya kalau Tuhan bisa membuat seorang perawan hamil, tanpa melakukan hubungan sex.

Tetapi orang yang sama percaya bahwa Tuhan bisa membuat alam semesta dan segala isinya.

Memang benar-benar bebal pikiran orang-orang ini.Lebih mudah mana, menciptakan manusia atau menciptakan alam semesta.

16. JURU SELAMAT ADALAH SEORANG NABI

Nubuat: Ulangan 18-18 - BIS

"Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya."

Penggenapan: Matius 21:11

"Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea"

Yesus Kristus bukan hanya sebagai Tuhan, tapi dalam wujud manusianya, IA menjalankan tugas sebagai Nabi. Tugas Nabi ialah memberitahukan apa yang ALLAH beritahukan kepadanya. Atau seorang Nabi ialah sebagai perantara antara ALLAH dan UmatNYA.

17. JURU SELAMAT ITU AKAN MENJADI IMAM

Abraham menyerahkan sepersepuluh dari penghasilannya kepada Melkisedek Imam Allah yang Maha Tinggi. Diwaktu bangsa Israel dibawa keluar dari tanah Mesir, maka Suku Lewi telah ditetapkan menjadi imam-imam bagi bangsa Israel.

Setelah Yesus naik kesorga, maka IA menjadi IMAM ALLAH YANG MAHATINGGI, menurut peraturan Melkisedek.

Nubuat: Mazmur 110:4 - BIS

"Dengan sumpah TUHAN telah berjanji, Ia tak akan menariknya kembali, "Engkaulah imam untuk selama-lamanya, seperti Melkisedek"

Penggenapan: Ibrani 3:1

"Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus"

Kemudian secara lebih jelas dapat dilihat dalam :

Heb 5:5 Begitu juga Kristus. Ia tidak mengangkat diri sendiri menjadi Imam Agung. Allah sendirilah yang mengangkat Dia. Allah berkata kepada-Nya, "Engkaulah Anak-Ku; pada hari ini Aku menjadi Bapa-Mu"

Heb 5:6 Di tempat lain Allah berkata juga, "Engkau adalah Imam selama-lamanya, seperti Imam Melkisedek"

Heb 5:7 Pada masa Yesus hidup di dunia ini, Ia berdoa dan memohon dengan teriakan dan tangis kepada Allah, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari kematian. Dan karena Ia tunduk kepada Allah dengan penuh hormat, maka Ia didengarkan.

Heb 5:8 Yesus adalah Anak Allah, tetapi meskipun begitu, Ia belajar menjadi taat melalui penderitaan-Nya.

Heb 5:9 Maka sesudah Ia dijadikan penyelamat yang sempurna, Ia menjadi sumber keselamatan yang kekal bagi semua orang yang taat kepada-Nya,

Heb 5:10 dan Allah pun menyatakan Dia sebagai Imam Agung, seperti Imam Melkisedek! Setiap imam agung dipilih dari antara umat, dan diangkat untuk melayani Allah sebagai wakil mereka. Tugasnya ialah mempersembahkan kepada Allah pemberian-pemberian dan kurban-kurban untuk pengampunan dosa.

Pada waktu itu seorang Imam Agung akan masuk kedalam Ruang Maha Kudus dalam Bait Allah sekali dalam setahun, untuk mempersembahkan korban pengampunan dosa.

Tetapi sejak Yesus naik ke sorga, maka tidak diperlukan lagi adanya korban pengampunan dosa, karena Yesus sendiri telah mempersembahkan tubuhNYA untuk korban penghapusan dosa bagi setiap manusia yang percaya kepadaNYA.

Karena pengorbanannya itu, maka YESUS sekarang berperan sebagai IMAM AGUNG umatNYA di sorga, dan kita sebagai pengikutNYA, mempunyai hak untuk masuk kedalam RUANG MAHA KUDUS atau kehadapan TAHTA ALLAH BAPA, karena Imam Besar kita telah menyucikan kita dengan darahNYA yang kudus dan berkuasa.

18. JURU SELAMAT ITU AKAN MENJADI HAKIM

Nubuat: Yesaya 33:22

"Sebab TUHAN ialah Hakim kita, TUHAN ialah yang memberi hukum bagi kita; TUHAN ialah Raja kita, Dia akan menyelamatkan kita"

Penggenapan: 2 Timotius 4:1 - BIS

"Kristus Yesus akan datang lagi ke dunia ini untuk mengadili orang-orang yang hidup dan yang mati; dan Ia akan datang untuk memerintah sebagai Raja. Oleh sebab itu saya minta dengan sangat kepadamu di hadapan Allah dan Kristus Yesus"

Yesus Kristus akan datang lagi untuk kedua kalinya. Setelah selesai memerintah dalam kerajaan 1000 tahun, maka IA akan mengadili semua manusia di muka bumi ini.

Yesaya seorang nabi Israel yang hidup 700 tahun sebelum kedatangan Mesias, telah mendapat penglihatan, bahwa sang Mesias yang adalah TUHAN sendiri, akan menjadi hakim atas seluruh manusia di muka bumi.

19. JURU SELAMAT ITU AKAN MENJADI RAJA

Nubuat: Yesaya 9:6 - BIS

"Ia memerintah sebagai raja keturunan Daud, kekuasaannya sangat besar. Negerinya selalu damai sejahtera; pemerintahannya didasarkan atas hukum dan keadilan sekarang dan selama-lamanya. TUHAN Yang Mahakuasa pasti melaksanakannya"

Penggenapan:Wahyu 20:4 - BIS

Rev 20:4 Lalu saya melihat takhta-takhta, dan orang-orang yang duduk di takhta-takhta itu diberi kuasa untuk memutuskan hukuman. Saya melihat juga jiwa-jiwa orang-orang yang sudah dipenggal kepalanya karena mereka memberi kesaksian tentang Yesus, dan menyebarkan pesan dari Allah.

Orang-orang itu tidak menyembah binatang, ataupun patungnya. Mereka pun tidak pernah menerima tanda binatang itu pada dahi atau pada tangan mereka. Maka mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama Kristus selama seribu tahun.

Rev 20:5 Inilah tahap pertama orang-orang mati dibangkitkan kembali. (Tetapi orang-orang mati lainnya tidak dihidupkan kembali selama masa seribu tahun itu.)

Rev 20:6 Berbahagialah orang-orang yang turut dibangkitkan kembali pada tahap pertama itu. Mereka layak menjadi milik Allah. Kematian tahap kedua tidak berkuasa atas mereka. Mereka akan menjadi imam-imam Allah dan imam-imam Kristus; dan mereka akan memerintah bersama Dia seribu tahun lamanya.

Setelah masa kesusahan besar, maka Yesus akan datang kembali dan memerintah sebagai raja selama 1000 tahun. IA akan memerintah bersama orang-orang kudusNYA, dan IA akan memerintah dengan tangan besi.

20. JURU SELAMAT AKAN DIURAPI DENGAN ROH KUDUS

Nubuat: Yesaya 11:2

"Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

Penggenapan: Matius 3:16-17

Mat 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air di sungai itu. Tiba-tiba langit terbuka dan Yesus melihat Roh Allah turun seperti burung merpati ke atas-Nya.

Mat 3:17 Kemudian terdengar suara Allah mengatakan, "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi. Ia menyenangkan hati-Ku"

Bersambung ke Bagian Empat

Posting Komentar untuk "Nubuat dan Penggenapannya (3)"

pictory