Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nubuat dan Penggenapannya (4)

Nubuat -dan -Penggenapannya -4
21. JURU SELAMAT MEMILIKI KASIH YANG BESAR KEPADA ALLAH

Nubuat: Mazmur 69:10

"Sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku, dan kata-kata yang mencela Engkau telah menimpa aku"

Penggenapan: Yohanes 2:13-15

2:13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem.

2:14 Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ.

2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.

2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku menjadi tempat berjualan".

2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku"

Yesus sangat marah melihat Bait Allah yang seharusnya menjadi tempat untuk beribadah dijadikan tempat untuk berdagang. Seharusnya pedagang-pedagang tersebut tidak menempati halaman bait suci, mereka bisa berdagang di luar bait suci.

Tetapi imam-imam pengurus bait suci bekerja sama dengan pedagang tersebut, sehingga para pedagang bebas mengadakan jual beli di halaman bait suci. Apa yang dilakukan Yesus telah dinubuatkan dalam Mazmur yang ditulis oleh Raja Daud.

22. SEORANG UTUSAN AKAN MEMPERSIAPKAN JALAN BAGI JURU SELAMAT

Sejak semula nabi Yesaya telah menubuatkan akan kedatangan Tuhan ditengah-tengah manusia. Hal ini dapat dilihat dari kata-kata dalam nubuat yang dituliskan oleh Nabi Yesaya, Nubuat tersebut berkata "persiapkanlah jalan bagi Allah", kalau Mesias yang akan datang adalah manusia, tidak mungkin digunakan kata-kata diatas.

Nubuat: Yesaya 40:3

"Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!"

Penggenapan: Matius 3:1-3

Mat 3:1 Pada waktu itu datanglah Yohanes Pembaptis di padang pasir di Yudea dan mulai berkhotbah.

Mat 3:2 "Bertobatlah dari dosa-dosamu," katanya, "karena Allah akan segera memerintah sebagai Raja!"

Mat 3:3 Yohanes inilah orang yang dimaksudkan oleh Nabi Yesaya dalam kata-katanya ini, "Ada orang berseru-seru di padang pasir, 'Siapkanlah jalan untuk Tuhan; ratakanlah jalan bagi Dia"

23. JURU SELAMAT AKAN MELAYANI DI DAERAH GALILEA

Nubuat: Yesaya 8:23

"Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain"

Penggenapan: Matius 4: 12-15

Mat 4:13 Ia meninggalkan Nazaret, lalu tinggal di Kapernaum di pinggir Danau Galilea di daerah Zebulon dan Naftali.

Mat 4:14 Karena Yesus melakukan hal itu, terjadilah apa yang dikatakan oleh Nabi Yesaya:

Mat 4:15 "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, di jalan ke danau, seberang Sungai Yordan, Galilea tanah orang bukan Yahudi!

Kapernaum terletak di dekat jalan utama dari Mesir menuju ke Damaskus, yang disebut orang pada waktu itu dengan istilah "Jalan Menuju ke Laut"

24. JURU SELAMAT AKAN MEMBUAT MUJIZAT DAN TANDA-TANDA AJAIB

Nubuat: Yesaya 35:5-6 - BIS

Isa 35:5 Pada waktu itu orang buta akan dapat melihat, dan orang tuli akan dapat mendengar.

Isa 35:6 Orang lumpuh melompat-lompat seperti rusa, orang bisu bersorak-sorak gembira. Sebab mata air memancar di padang gurun, sungai mengalir di padang belantara.

Penggenapan: Matius 9:35

"Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan"

Selama Yesus berada di dunia IA melakukan banyak perkara ajaib; Orang mati dibangkitkan; IA menyembuhkan segala macam penyakit; IA mengusir setan-setan; IA memberi makan 5000 ribu orang dengan 5 roti dan 2 ikan; IA berjalan diatas air; IA menghentikan angin ribut; IA membuat air menjadi anggur dll.

Semua yang dilakukan Yesus merupakan penggenapan dari Kitab Yesaya yang mengatakan bahwa Juru Selamat akan menyembuhkan banyak orang sakit dan membuat tanda-tanda ajaib.

25. JURU SELAMAT AKAN MENGAJAR DENGAN PERUMPAMAAN

Nubuat: Mazmur 8 ayat 2

"Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala"

Nubuat: Yesaya 6:9-10 - BIS

Isa 6:9 Lalu Ia menyuruh saya pergi membawa pesan ini kepada umat: "Kamu akan terus mendengarkan, tetapi tidak mengerti. Kamu akan terus memperhatikan, tetapi tidak tahu apa yang terjadi"

Isa 6:10 Lalu berkatalah Ia kepada saya, "Tumpulkanlah pikiran orang-orang itu, tulikan telinganya dan butakan matanya, supaya mereka jangan melihat, mendengar atau mengerti, lalu berbalik kepada-Ku dan menjadi sembuh"

Penggenapan: Matius 13: 34-35 - BIS

Mat 13:34 Semuanya diajarkan Yesus kepada orang banyak dengan memakai perumpamaan.

Mat 13:35 Dengan demikian terjadilah yang dikatakan oleh nabi, "Aku memakai perumpamaan kalau berbicara dengan mereka; Aku akan memberitakan hal-hal yang tersembunyi semenjak terjadinya dunia ini".

Penggenapan: Lukas 8: 9-10

Luk 8:9 Pengikut-pengikut Yesus menanyakan kepada-Nya arti dari perumpamaan itu.

Luk 8:10 Yesus menjawab, "Kalian sudah diberi anugerah untuk mengetahui rahasia tentang bagaimana Allah memerintah sebagai Raja. Tetapi orang-orang lain diajar dengan perumpamaan, supaya mereka memperhatikan, tetapi tidak tahu apa yang terjadi; dan mereka mendengar, tetapi tidak mengerti.

26. JURU SELAMAT ITU AKAN MEMASUKI BAIT ALLAH

Nubuat: Maleakhi 3:1

"Jawab TUHAN Yang Mahakuasa, "Aku akan mengirim utusan-Ku untuk menyiapkan jalan bagi-Ku. Maka dengan tiba-tiba Aku, TUHAN yang kamu cari, akan datang ke Rumah-Ku. Utusan-Ku yang kamu rindukan itu akan datang dan mengumumkan perjanjian-Ku"

Penggenapan: Matius 24:1-2

Mat 24:1 Ketika Yesus meninggalkan Rumah Tuhan, pengikut-pengikut-Nya datang kepada-Nya dan menunjuk ke bangunan-bangunan Rumah Tuhan itu.

Mat 24:2 Yesus berkata kepada mereka, "Apakah kalian melihat semuanya itu? Ketahuilah, tidak ada satu batu pun dari bangunan-bangunan itu akan tinggal tersusun pada tempatnya. Semuanya akan dirobohkan".

Nubuat yang ditulis oleh Nabi Maleakhi mengatakan bahwa Juru Selamat akan memasuki Bait Allah. Yesus sang Juru Selamat memang telah memasuki Bait Suci, dan seperti yang IA katakan kepada murid-muridnya pada tahun 70 M, Bait Suci Allah dihancurkan oleh Titus.

27. JURU SELAMAT AKAN MEMASUKI YERUSALEM DENGAN MENUNGGANG SEKOR KELEDAI

Nubuat: Zakharia 9:9

"Hai penduduk Sion, bergembiralah! Hai penduduk Yerusalem, bersoraklah! Lihatlah! Rajamu datang dengan kemenangan! Ia raja adil yang membawa keselamatan. Tetapi penuh kerendahan hati ia tiba mengendarai keledai, seekor keledai muda"

Penggenapan: Matius 21:1-7

Mat 21:2 "Pergilah ke kampung yang di depan itu," pesan Yesus kepada mereka. "Segera kalian akan melihat seekor keledai terikat bersama anaknya. Lepaskanlah keduanya dan bawa kemari.

Mat 21:3 Kalau ada orang menanyakan sesuatu, katakan kepada orangnya, 'Tuhan memerlukannya', maka orang itu dengan segera akan membiarkan keledai itu dibawa"

Mat 21:4 Hal itu demikian supaya terjadilah apa yang dikatakan oleh nabi sebagai berikut,

Mat 21:5 "Katakanlah kepada Sion, Rajamu sedang datang kepadamu. Ia rendah hati dan menunggang seekor keledai, seekor anak keledai yang muda"

Peristiwa Yesus memasuki dengan menaiki keledai muda telah dinubuatkan oleh nabi Zakharia yang hidup sekitar 500 tahun sebelum kelahiran Yesus.

28. JURU SELAMAT AKAN MENJADI BATU SANDUNGAN BAGI BANGSA YAHUDI

Nubuat: Mazmur 118:22

"Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru"

Penggenapan: 1 Petrus 2: 6-8 - BIS

1Pet 2:6 Karena di dalam Alkitab tertulis begini, "Aku telah memilih sebuah batu berharga, yang Kutempatkan di Sion sebagai batu utama; dan orang yang percaya kepada-Nya tidak akan dikecewakan"

1Pet 2:7 Batu itu sangat berharga untuk kalian yang percaya. Tetapi bagi orang-orang yang tidak percaya, berlakulah ayat-ayat Alkitab berikut ini, "Batu yang tidak terpakai oleh tukang-tukang bangunan itu ternyata menjadi batu yang terutama"

1 Pet 2:8 dan "Itulah batu yang membuat orang tersandung, batu yang membuat mereka jatuh." Mereka tersandung sebab mereka tidak percaya akan perkataan Allah. Begitulah sudah ditentukan Allah mengenai mereka.

29. JURU SELAMAT AKAN MENJADI TERANG BAGI BANGSA-BANGSA LAIN

Nubuat: Yesaya 42:6-7

Isa 42:6 "Aku, TUHAN, memanggil dan menugaskan engkau untuk menjalankan keadilan. Engkau Kubimbing dan Kupelihara untuk menjadi perjanjian bagi umat manusia, dan cahaya bagi semua bangsa.

Isa 42:7 Untuk membuka mata orang buta, dan membebaskan orang dari kegelapan penjara.

Penggenapan: Matius 4:16 - BIS

"Bangsa yang hidup di dalam kegelapan telah melihat terang yang cemerlang! Bagi yang diam dalam negeri kegelapan maut telah terbit cahaya terang!"

Penggenapan: Lukas 2:31-32

Luk 2:31 Penyelamat itu Engkau telah siapkan untuk segala bangsa:

Luk 2:32 bagaikan terang yang menerangi jalan bagi bangsa-bangsa yang lain, untuk datang kepada-Mu; yaitu terang yang mendatangkan kehormatan bagi umat-Mu Israel"

30. JURU SELAMAT ITU AKAN DIHIANATI OLEH SAHABATNYA SENDIRI

Nubuat: Mazmur 41:10

"Bahkan sahabat karibku yang kupercayai, yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku"

Penggenapan: Yohanes 13:18-21

13:18 Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku.

13:19 Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia.

13:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku"

13:21 Setelah Yesus berkata demikian Ia sangat terharu, lalu bersaksi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku.

Salah seorang murid Yesus yang bernama Yudas Iskariot menghianati Yesus, dan menyerahkan IA kepada Imam-imam Kepala. Raja Daud telah mengetahui sebelumnya bahwa Sang Mesias akan dihianati oleh sahabatnya sendiri, nubuat ini ia tuliskan dalam mazmur.

Bersambung ke Bagian Lima

Posting Komentar untuk "Nubuat dan Penggenapannya (4)"

pictory