Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemana Orang Mati Pergi?

Kemana- Orang -Mati -Pergi
Lukas 16:22-26 - BIS

"Orang miskin itu kemudian meninggal lalu dibawa malaikat ke tempat terhormat di samping Abraham di surga. Orang kaya itu meninggal juga dan dikuburkan"

Luk 16:23 Di dunia orang mati ia menderita sekali. Dan pada waktu ia memandang dari sana ke atas, ia melihat Abraham di tempat yang jauh dan Lazarus ada di samping Abraham.

Luk 16:24 'Bapak Abraham!' seru orang kaya itu. 'Kasihanilah saya. Suruhlah Lazarus mencelupkan jarinya ke dalam air lalu datang membasahi lidah saya. Saya sengsara sekali di dalam api ini!'

Luk 16:25 Tetapi Abraham menjawab, 'Ingatlah anakku: seumur hidupmu engkau sudah mendapat semua yang baik-baik, sedangkan Lazarus mendapat yang jelek-jelek. Sekarang ia senang di sini, dan engkau sengsara.

Luk 16:26 "Selain itu, di antara engkau dan kami sudah dibuat sebuah jurang yang besar, supaya orang dari sini tidak dapat ke sana dan orang dari sana tidak dapat ke sini!"

Kematian akan dilalui oleh semua orang, dan kematian tidak mengenal umur atau usia. Siapa saja dapat dipanggil menghadap Tuhan Yang Maha Kuasa sewaktu-waktu.

Kita sering melihat di TV, Membaca di koran atau mendengar di radio tentang orang-orang yang direnggut nyawanya, ada yang karena kecelakaan, sakit, dibunuh dan bermacam-macam lagi alasan tentang meninggalnya seseorang.

Kematian atau maut sampai saat ini tidak dapat dikalahkan oleh siapapun juga. Walaupun anda seorang konglomerat yang dapat membeli semua yang ada di dunia ini, tetapi anda tidak dapat menghindari kematian, bahkan saat atau waktu kematian menjemputpun tidak ada seorangpun yang tahu.

Ada beberapa ajaran tentang kematian dari beberapa agama yang ada di dunia, ada yang mengatakan bahwa jika seseorang masuk ke liang kubur akan langsung berhadapan dengan malaikat liang kubur untuk menghadapi hukuman awal (kasian deh lu, baru mati udah dihukum).

Ada yang bilang jika seseorang mati akan berubah bentuk (inkarnasi) sesuai dengan amal baiknya hidup di dunia, (kalau anda jahat anda bisa berubah jadi nyamuk, kodok atau kecoak, jadi ati2 kalau bunuh nyamuk, jangan-jangan nyamuk ini bekas orang tua anda waktu anda jadi manusia).

Dikalangan masyarakat Tionghoa, biasanya orang mati dibawain uang-uangan, kue, rumah-rumahan atau hal lain yang katanya akan berguna untuk dipakai oleh orang yang mati di alam kematian. Jadi dalam alam kematian uang-uangan, mobil-mobilan, kue atau hal lain tersebut akan berubah menjadi barang sungguhan.

Yang jadi masalah, bagaimana kalau yang dibawakan itu AC. TV atau mobil, kalau disana belum ada listrik, gimana nyalainnya, atau kalau belum ada pompa bensin, mobilnya jalan pakai apa?

Sekarang karena kita pengikut Yesus, kita bahas aja dari sisi Alkitab, bukan dari sisi agama lain. Seperti kata Naga Bonar "Apa kata dunia" kalau kita membicarakan kematian dari sisi agama atau kepercayaan lain.

Diatas tertulis ayat tentang seorang pengemis yang mati yang bernama Lazarus, lalu ia berada di pangkuan Bapa Abraham (mungkin karena pengemisnya kecil dan kurus hingga ia bisa dipangku Bapa Abraham), dan ada seorang kaya yang meninggal

Kemudian Orang kaya tersebut mohon kepada Abraham agar Lazarus memberikan dia setetes minuman. Tapi apa jawab Abraham, bahwa antara Lazarus dan orang kaya tersebut terdapat jurang yang sangat dalam, sehingga Lazarus tidak dapat datang ketempat ia berada.

Ketika orang mati, maka roh orang tersebut akan kembali ke Tuhan, sedangkan nyawanya (soul) akan berada di suatu tempat yang bernama alam penantian. Dalam Alkitab tempat untuk orang mati tersebut bernama SHEOL (bahasa Ibrani) atau HADES (bahasa Yunani).

Dari cerita diatas kita dapat melihat ada dua tempat alam penantian. Satu alam penantian tempat Lazarus, suatu tempat penantian bagi orang yang akan ke sorga. Kita dapat melihat lebih jelas dalam

Wahyu 6:9-11

"Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki."

Dan mereka berseru dengan suara nyaring, katanya: "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?"

Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka"

Satu lagi alam penantian yang lebih dekat ke neraka (neraka baru digunakan setelah adanya pengadilan TUHAN), yaitu tempat dimana orang kaya tersebut ditempatkan.

Dalam kitab Ayub juga dikatakan bahwa orang yang meninggal, tidak dapat kembali ketempatnya

Ayub 7:9

"Sebagaimana awan lenyap dan melayang hilang, demikian juga orang yang turun ke dalam dunia orang mati tidak akan muncul kembali"

Tetapi setan sering meniru orang yang mati dan menampakkan diri kepada keluarga atau teman orang yang mati tersebut, sehingga banyak orang mengira setan yang meniru orang yang mati tersebut sebagai keluarga atau temannya yang menampakkan dirinya.

Jadi kalau anda dan saya meninggal, maka jiwa kita akan dibawa ke salah satu tempat tersebut. Tentang kemana kita dibawa, kita sendiripun sebenarnya sudah tahu. Jadi tentukanlah pilihan anda sebelum dipanggil menghadap Tuhan ?

Dan pada akhir jaman, masing-masing orang akan diadili untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah diperbuatnya selama di dunia.

Yesus mengasihi anda dan seluruh keluarga anda

Posting Komentar untuk "Kemana Orang Mati Pergi?"

pictory