Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Paskah

Selamat- Paskah
Lukas 22:8 8

"Lalu Yesus menyuruh Petrus dan Yohanes, kata-Nya: "Pergilah, persiapkanlah perjamuan Paskah bagi kita supaya kita makan"

Tidak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi hari raya Paskah. Bagi umat kristen, Paskah adalah hari raya terbesarnya, karena pada saat itu, Yesus mati disalibkan dan bangkit kembali.

Sudah banyak tulisan tentang Paskah yang kita baca. Tapi tidak ada salahnya kita mengulang kembali sejarah Paskah tersebut.

Dikalangan bangsa Yahudi Paskah sudah dikenal sejak lama, dan merupakan kewajiban mereka untuk merayakan Paskah tersebut setiap tahun.

Menurut cerita Paskah atau dalam bahasa ibrani disebut sebagai "Pesach atau Pesah", yaitu perayaan yang dimulai pada malam tanggal 14 bulan Nisan, untuk memperingati exodus (pembebasan) dan kemerdekaan umat Israel dari Mesir. Dalam bahasa Inggris istilahnya diterjemahkan menjadi Passover, yang berarti melewatkan.

Bagi orang kristen saat ini hari raya Paskah diperingati sebagai hari kemenangan, karena Yesus Kristus telah mati di kayu salib untuk menebus dosa umat manusia yang percaya kepadaNYA, dan juga IA telah bangkit dari maut yang berarti IA telah mengalahkan maut itu sendiri. Sehingga umat kristen saat ini dapat berkata dalam

1 Korintus 15:55

"Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?"

Sebagai orang kristen, apa yang harus kita lakukan didalam merayakan Paskah? Menurut saya jawabannya TIDAK ADA. Lho, kok tidak ada ??

Kalau hidup kita sehari-hari melekat erat dengan Tuhan kita, apa lagi yang harus kita rayakan ?

Kalau dalam hidup sehari-hari, kita selalu mengucap syukur atas kematianNYA yang membuat kita bebas dari dosa dan neraka, apa lagi yang harus kita lakukan ?

Kalau dalam hidup sehari-hari kita mencoba dengan sekuat tenaga, hati dan pikiran untuk mentaati dan menjalankan perintah Tuhan, serta menjauhi larangannya, Apa lagi yang harus kita lakukan ?

Ya, saudaraku, maksud saya bukannya mau meremehkan arti PASKAH, SEKALI-KALI TIDAK. Yang saya maksud ialah PASKAH seharusnya selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari, bukan hanya diwaktu hari raya PASKAH.

Yesus sendiri berkata dalam :

Matius 10:38

"Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku"

Matius 16:24

"Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku"

Markus 8:34

"Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku"

Lukas 14:27

"Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku"

Saudara-saudara ternyata sama dengan TUHAN kita, anda dan saya masing-masing juga mempunyai salib yang harus kita pikul selama kita hidup di dunia ini.

Yesus tidak berkata, bahwa setiap pengikutNYA akan hidup senang setiap hari. TIDAK !!! IA berkata "SETIAP ORANG HARUS MEMIKUL SALIBNYA", tetapi jangan kuatir, karena TUHAN kita bukan TUHAN yang kejam, IA tahu kemampuan anak-anakNYA, oleh karena itu IA berkata :

Matius 11:29

"Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan"

Matius 11:30

"Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan"

Nah, kalau kita mengikut Yesus setiap hari setiap salib, permasalahan atau apapun juga dalam kehidupan kita akan terasa ringan, karena TUHAN sendiri telah menanggung beban kita tersebut, dan ingat kalau TUHAN mengatakan ringan berarti memang ringan (dengan catatan hidup kita harus didalam Yesus)

Bukankah Yesus telah mati bagi dosa kita, sebagaimana tertulis:

Galatia 3:13

"Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"

1 Petrus 2:24

"Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh"

Well, jadi kita mendapat banyak jaminan dengan kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus:

1. Dosa-dosa kita diampuni

2. Tuhan melepaskan kita dari segala kutuk Kutuk Nenek moyang atau kutuk keturunan, kutuk kemiskinan, kutuk orang, pokoknya yang namanya kutuk, kita dijamin dibebaskan

3. Tuhan menyembuhkan segala penyakit kita dengan bilur- bilurnya

4. Beban dalam hidup kita ringan, karena Tuhan yang menanggung bagian yang berat.

5. Hidup berkecukupan

Jadi saudara-saudara kurang apa lagi kebaikan Tuhan pada kita. Kalau Tuhan begitu baik kepada kita, bagaimana sikap kita terhadap Tuhan ???

APA cuma waktu PASKAH kita ingat pengorbananNYA ??? APA cuma diwaktu PASKAH kita berterimakasih padaNYA ?????

1 Korintus 1:18

"Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah"

SELAMAT PASKAH

Posting Komentar untuk "Selamat Paskah "

pictory