Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kutuk (2)

Kutuk -2
Keluaran 28:15-22

"Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau:

- Terkutuklah engkau di kota dan terkutuklah engkau di ladang.

- Terkutuklah bakulmu dan tempat adonanmu.

- Terkutuklah buah kandunganmu, hasil bumimu, anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.

- Terkutuklah engkau pada waktu masuk dan terkutuklah engkau pada waktu keluar.

- TUHAN akan mendatangkan kutuk, huru-hara dan penghajaran ke antaramu dalam segala usaha yang kaukerjakan, sampai engkau punah dan binasa dengan segera karena jahat perbuatanmu, sebab engkau telah meninggalkan Aku.

- TUHAN akan melekatkan penyakit sampar kepadamu, sampai dihabiskannya engkau dari tanah, ke mana engkau pergi untuk mendudukinya.

- TUHAN akan menghajar engkau dengan batuk kering, demam, demam kepialu, sakit radang, kekeringan, hama dan penyakit gandum; semuanya itu akan memburu engkau sampai engkau binasa.

Diatas adalah sebagian kutuk yang akan ditimpakan Tuhan kepada umatNYA yang melanggar perintah-perintahNYA, sebenarnya kutuk tersebut sampai ayat 68 (Kel 28:15-68). Itulah yang Tuhan lakukan apabila IA murka terhadap umatNYA, selain kutuk dalam Keluaran 28:1-14 juga juga menjanjikan banyak berkat kepada anak-anakNYA.

Firman Tuhan tidak pernah batal apa yang sudah keluar dari mulutnya akan dilaksanakan. Akibat kutuk yang belum dipatahkan, banyak orang kristen yang belum dapat meraih janji-janji Allah dalam hidupnya.

Kata berkat begitu banyak muncul dalam Alkitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Kata berlimpah mengandung arti tumpah keluar (misal sebuah gelas yang diisi air, sampai air tersebut meluap keluar).

Untuk itulah kita hadir di dunia untuk menjadi berkat bagi dunia ini. Bagaimana kita bisa menjadi berkat, kalau hidup kita selalu berkekurangan, kita malah menjadi beban bagi orang lain, karena kerjanya minta tolong kepada orang lain.

Keluaran 19:6

"Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel"

Di Sinai Tuhan menetapkan perjanjiannya kepada orang Israel, Tuhan telah menetapkan mereka sebagai bangsa kudus dan menjadi imam TUHAN YANG MAHA TINGGI. Perjanjian Sinai tersebut kemudian diwariskan pula atau berlaku pula bagi kita sebagai "orang Israel rohani".

Hal ini ditegaskan oleh Rasul Petrus dalam :

1 Petrus 2:9

"Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib"

Umat kepunyaan Tuhan telah ditetapkan menjadi:

1. Bangsa Yang Terpilih

2. Imam-Imam Tuhan

3. Bangsa Yang Kudus

Mungkinkah Tuhan tidak memberikan berkatNYA kepada umat pilihanNYA, mungkinkah Tuhan mati agar kita tetap menjadi orang yang berkekurangan, orang yang selalu menderita ?

Saudaraku jika kita tidak mengenal Tuhan dengan baik, maka kita tidak akan mengetahui kehendaknya, Kehendak ALLAH ialah agar kita HIDUP dan BERKELIMPAHAN , YESUS sendiri yang mengatakan hal tersebut.

Harap jangan salah mengerti yang Tuhan maksud dengan berkelimpahan disini ialah, kelimpahan agar kita dapat memberikan kelimpahan tersebut kepada orang lain, agar kita dapat membantu yang kekurangan baik secara tubuh, jiwa dan roh.

Jadi kita diberi kelimpahan agar kita dapat menyalurkan kelimpahan tersebut, kepada orang yang membutuhkan, kita sebagai saluran berkat dari Tuhan buat orang lain.

Kalau saudara memakai kelimpahan untuk hidup saudara sendiri, maka saudara telah menyalahi perintah Tuhan, dan dipastikan sebagaimana laut mati yang tidak mempunyai tempat untuk mengalirkan air di dalamnya, maka saudara juga pasti akan mati dalam kelimpahan. Yang pasti Tuhan akan memberi kita hidup yang berkecukupan.

Banyak orang kristen saat ini yang beranggapan bahwa kutuk menjadi bagian Tuhan, karena mereka telah menjadi pengikutNYA atau berkata bukankah Yesus telah mati di kayu salib, dan IA telah membebaskan kita dari segala kutuk.

Ya benar, tetapi kita harus ingat Tuhan juga memerintahkan agar kita aktif melawan setan, oleh karena itulah Yesus berkata:

Markus 16:17-18

"Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh"

Dengan kata lain Tuhan menyuruh kita bersikap aktif bukan hanya pasif. Kita harus mematahkan setiap kutuk yang ada pada kita atau dikirim kepada kita, atau diwariskan kepada kita

Jenis-jenis kutuk:

1. Kutuk dari dosa nenek moyang

2. Kutuk dari ucapan kita sendiri

3 Kutuk dari orang lain - (bisa berupa mantera-mantera)

4. Kutuk karena membawa Barang Najis /Tidak Kudus kedalam Rumah

5. Kutuk dari Rumah yang Ditinggali (Rumah tersebut Najis dan Dikutuk)

6. Kutuk karena mengikuti Aliran Sesat atau pergi ke dukun - dukun atau tempat keramat

7. Kutuk karena mengingkari nazar atau janji kepada Tuhan

8. Kutuk karena hidup kita tidak suci atau kudus (perzinahan, tidak mau mengampuni dsbnya)

Untuk melepaskan diri kita dan keluarga kita dari kutuk, bukanlah hal yang susah. Kita dapat melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini:

1. Mengakui dosa kita dan dosa nenek moyang dihadapan Tuhan, dan mohon pengampunan kepada Tuhan, minta Tuhan membersihkan diri kita dari segala dosa. Mengubah hidup kita agar sesuai dengan kehendak Tuhan

2. Minta kepada Tuhan untuk mengangkat semua kutuk dalam kehidupan kita. Sebutkan kutuk yang anda tahu dan minta Roh Kudus memberitahu anda kutuk apa saja yang ada dalam hidup anda

3. Memerintahkan Setan yang masuk kedalam hidup kita melalui dosa (yang telah kita atau nenek moyang kita lakukan), untuk pergi dari kehidupan kita.

"Didalam nama Yesus Kristus, saya perintahkan semua roh-roh jahat yang berhubungan dengan kutuk ...........(sebutkan kutuknya) untuk pergi sekarang juga dari kehidupan saya"

Patahkan kutuk tersebut:

"Didalam nama Yesus Kristus, saya mengambil kuasa atas kutuk ..............dan saya patahkan kutuk ini, sekarang juga"

Setelah anda melakukan langkah diatas, anda harus percaya bahwa semua kutuk tersebut telah lepas dari anda, dan langkah berikut yang harus anda ambil ialah mengubah hidup anda agar setiap hari melekat kepada Tuhan Yesus. bangun pagi, baca firman Tuhan, melakukan semua pekerjaan dengan Tuhan.

Belajar menjadi pengikut Yesus, belajar mendengar suara Tuhan, dan percayalah dalam waktu singkat anda dapat meraih semua janji Allah dalam hidup anda.

Yesus berkata dalam Yohanes 8:11

".....................Lalu kata Yesus: "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang"

Yesus mengasihi anda dan seluruh keluarga anda

Posting Komentar untuk "Kutuk (2)"

pictory