Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yerusalem, Kota Milik Tuhan

Yerusalem-Kota- Milik -Tuhan
Yosua 15:63

"Tetapi orang Yebus, penduduk kota Yerusalem, tidak dapat dihalau oleh bani Yehuda. Jadi orang Yebus itu masih tetap diam bersama-sama dengan bani Yehuda di Yerusalem sampai sekarang"

Dalam Alkitab Perjanjian Lama kita mengetahui bahwa kota Yerusalem direbut dari kaum Yebus, kemudian kota tersebut silih berganti dikuasai oleh berbagai bangsa.

Sehingga akhirnya kini, kota tersebut dikuasai oleh Israel, yang menjadikannya ibukota negaranya, walaupun tidak diakui oleh berbagai negara di dunia.

Kota Yerusalem sekarang ini menjadi kota suci bagi 3 umat agama di dunia, Yahudi karena bait sucinya (yang sekarang hanya tinggal temboknya), dan juga karena kitab sucinya mengatakan bahwa kota ini adalah KOTA TUHAN. Islam menganggap kota ini tempat ketiga tersuci dengan Mesjid Al Aqsanya, dan Kristen dengan Yesus Kristusnya dan sama dengan Israel karena ini adalah KOTA TUHAN.

Yang menjadi permasalahan ialah TUHAN sendiri telah memilih kota ini menjadi kota pilihanNYA, walaupun dalam sejarahnya, Tuhan juga sering menghukum kota ini karena penduduknya yang memilih menyembah berhala daripada Tuhan.

Dan menurut Alkitab, Tuhan akan datang dan tinggal di Yerusalem pada hari kedatangannya yang kedua untuk selama-lamanya.

Bagaimana sikap kita sebagai orang kristen terhadap kota ini: Ada 3 sikap yang bisa kita lakukan sebagai orang kristen.

Pertama.

Mendukung keberadaan kota ini sebagai kota suci kaum kristen,

Kedua.

Acuh tak acuh, karena toh, tidak ada hubungannya dengan saya.

Yang ketiga,

Menolak keberadaan kota ini sebagai kota suci umat kristen, dan hanya menganggapnya sebagai kota bersejarah, karena banyaknya peninggalan bersejarah tentang kekristenan.

Untuk mengetahui status kota Yerusalem dihadapan orang kristen, kita harus "back to basic' yaitu, kembali ke Alkitab yang menjadi pegangan hidup kita didunia ini.

Dalam Alkitab sejak semula Alah telah menetapkan kota ini sebagai kota milikNya, kota pilihanNYA, tentang alasan mengapa Allah memilih kota ini sebagai kota pilihanNYA adalah "Hak Prerogatif" Allah sendiri.

Mungkin di Sorga nanti kita bisa bertanya kepada BELIAU, tentang alasanNYA memilih kota Yerusalem.

Ayat-ayat dalam Alkitab yang mengatakan bahwa Yerusalem adalah kota ALLAH ialah: (dari kitab Perjanjian Lama)

1 Raja-raja 11:36

"Dan kepada anaknya akan Kuberikan satu suku, supaya hamba-Ku Daud selalu mempunyai keturunan di hadapan-Ku di Yerusalem, kota yang Kupilih bagi-Ku supaya nama-Ku tinggal di sana"

Mazmur 137:5

"Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku!"

Yesaya 62:1

"Oleh karena Sion aku tidak dapat berdiam diri, dan oleh karena Yerusalem aku tidak akan tinggal tenang, sampai kebenarannya bersinar seperti cahaya dan keselamatannya menyala seperti suluh."

Yesaya 62:6

"Di atas tembok-tembokmu, hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai. Sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri. Hai kamu yang harus mengingatkan TUHAN kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang"

Yesaya 2:3

"dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem"

Tuhan Yesus sendiripun menangisi Yerusalem, karena kebebalan penduduk kota tersebut, dan IA mengatakan dalam

Matius 23:37

"Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau."

Dan Allah sendiri telah berfirman, bahwa IA akan tinggal selama-lamanya di Yerusalem.

Tuhan akan menurunkan Yerusalem baru dari sorga, dimana orang-orang kudusNYA akan menempati kota tersebut, dan Tuhan akan tinggal didalamnya, tetapi harus diingat, kota Yerusalem baru tersebut berada atau terletak pada kota Yerusalem yang sekarang ini. Ayat-ayat yang mendukung:

Yesaya 65:19

"Aku akan bersorak-sorak karena Yerusalem, dan bergirang karena umat-Ku; di dalamnya tidak akan kedengaran lagi bunyi tangisan dan bunyi erang pun tidak"

Wahyu 21:2

"Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya"

Wahyu 21:10

"Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah."

Jadi bagaimanakah sikap kita sebagai orang kristen terhadap kota Yerusalem ???

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan:

- Kita mendoakan agar ada ketentraman dan kesejahteraan pada kota ini

- Kalau ada uang kita dapat berziarah ke kota Yerusalem

Yang terakhir, inilah Mazmur Daud tentang Kota Yerusalem:

Mazmur 122:1-9

1 Nyanyian ziarah Daud. Aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku: "Mari kita pergi ke rumah TUHAN."

2 Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.

3. Hai Yerusalem, yang telah didirikan sebagai kota yang bersambung rapat,

4 ke mana suku-suku berziarah, yakni suku-suku TUHAN, untuk bersyukur kepada nama TUHAN sesuai dengan peraturan bagi Israel.

5 Sebab di sanalah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga raja Daud.

6 Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: "Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat sentosa.

7 Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan sentosa di dalam purimu!"

8 Oleh karena saudara-saudaraku dan teman-temanku aku hendak mengucapkan: "Semoga kesejahteraan ada di dalammu!"

9. Oleh karena rumah Tuhan, Allah kita, aku hendak mencari kebaikan bagimu.

Kita mendoakan Yerusalem bukan agar Israel tetap menduduki kota tersebut. Kita mendoakan Yerusalem bukan karena mendukung Israel, kita mendoakan Yerusalem karena

"IA merupakan kota TUHAN, dan TUHAN SEMESTA ALAM akan tinggal bersama-sama umatNYA dalam kota tersebut sampai selama-lamanya"

Yesus mengasihi anda dan seluruh keluarga anda

Posting Komentar untuk "Yerusalem, Kota Milik Tuhan"

pictory