Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Bapa Kami

Doa- Bapa- Kami
Matius 6:9-13

ayat 9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di surga, Dikuduskanlah nama-Mu,

YUNANI : πατερ ημων ο εν τοις ουρανοις αγιασθητω το ονομα σου

HOUTÔS OUN PROSEUKHESTHE HUMEIS PATER HÊMÔN HO EN TOIS OURANOIS HAGIASTHÊTÔ TO ONOMA SOU

IBRANI : VE'ATEM KOH TITPALALÛ 'ÂVÎNÛ SYEBASYÂMAYIM YITQADASY SYEMEKHA.

The Orthodox Jewish Brit Chadasha (ORTHJBC), "Therefore, when you offer tefillos, daven like this: 'AVINU SH'BASHOMAYIM YITKADASH SHMECHA"

ayat 10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga.

YUNANI : ελθετω η βασιλεια σου γενηθητω το θελημα σου ως εν ουρανω και επι της γης

ELTHETÔ HÊ BASILEIA SOU GENÊTHÊTÔ TO THELÊMA SOU HÔS EN OURANÔ KAI EPI TÊS GÊS

IBRANI : TÂVO' MALKHÛTEKHA YÊ'ÂSEH RETSÔNEKHA BÂ'ÂRETS KA'ASYER NA'ASÂT BASYÂMÂYIM.

ORTHJBC : "TAVO MALCHUTECHAH YE'ASEH R'TZONECHAH K'MOH VASHOMAYIM KEN BA'ARETZ"

ayat 11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya

YUNANI : τον αρτον ημων τον επιουσιον δος ημιν σημερον

TON ARTON HÊMÔN TON EPIOUSION DOS HÊMIN SÊMERON

IBRANI : TEN-LÂNÛ HAYÔM LEKHEM KHUQÊNÛ.

ORTHJBC: "ES LECHEM CHUKEINU TEN LANU HAYOM"

ayat 12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;

YUNANI : και αφες ημιν τα οφειληματα ημων ως και ημεις αφιεμεν τοις οφειλεταις ημων

KAI APHES HÊMIN TA OPHEILÊMATA HÊMÔN HÔS KAI HÊMEIS APHIEMEN TOIS OPHEILETAIS HÊMÔN

IBRANI : ÛSELÂKH-LÂNÛ 'ET-'ASYEMÂTÊNÛ KA'ASYER SOLEKHÎM 'ANAKHNÛ LA'ASYER 'ÂSYEMÛ LÂNÛ.

ORTHJBC: "U-S'LACH LANU ES CHOVOTEINU KA'ASHER SALACHNU GAM ANACHNU LACHAYAVEINU"

ayat 13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.

YUNANI : και μη εισενεγκης ημας εις πειρασμον αλλα ρυσαι ημας απο του πονηρου οτι σου εστιν η βασιλεια και η δυναμις και η δοξα εις τους αιωνας αμην

KAI MÊ EISENEGKÊS HÊMAS EIS PEIRASMON ALLA RHUSAI HÊMAS APO TOU PONÊROU HOTI SOU ESTIN HÊ BASILEIA KAI HÊ DUNAMIS KAI HÊ DOXA EIS TOUS AIÔNAS AMÊN

IBRANI : VE'AL-TAVÎ'ÊNÛ LÎDÊY MASÂH KÎ 'IM-HATSÎNÛ MIN-HÂRÂ' KÎ LEKHA HAMAMLÂKHÂH VEHAGVÛRÂT VEHATIF'ERET LE'ÔLMÊY 'ÔLÂMÎM 'ÂMÊN.

ORTHJBC: "V'AL T'VIEINU LIDEY NISAYON KI IM CHALTZEINU MIN HARAH. KI L'CHAH HAMAMLACHAH V'HAGVURAH V'HATIFERET L'OLMEY OLAMIM. 'OMEIN."

(Sumber doa Bapa kami dalam berbgai bahasa)

Diatas kita dapat melihat Doa Bapa Kami dalam berbagai versi bahasa. Pada kesempatan ini, penulis bukan mau membahas tentang Doa Bapa Kami, sama sekali tidak, karena rata-rata orang kristen mengetahui tentang doa ini, tapi yang mau penulis bahas ialah :

PERLU NGGAK SIH DOA BAPA KAMI ITU ?

Di beberapa gereja tradisional, Doa Bapa Kami masih didoakan setiap ibadah minggu, tetapi di kalangan Pentakosta dan Karismatik, doa ini sangat jarang terdengar, bahkan banyak jemaat Pentakosta/Karismatik yang tidak hafal dengan doa ini, bahkan ada yang sama sekali tidak mengetahui ada doa ini.

Yang menjadi permasalahan ialah, Doa ini diajarkan oleh Tuhan Yesus kepada murid-muridnya, ketika IA ditanyai oleh murid-muridnya bagaimana cara berdoa. Kita semua mengetahui, murid-murid Yesus bukan orang yang bego dalam berdoa.

Semenjak kecil mereka telah diajarkan berdoa, bahkan nenek moyang mereka seperti : Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf, Daniel, Daud, Salomo, Nabi Elia, Nabi Elisa, Yosua dan masih banyak lagi adalah kekasih Allah dan doa mereka didengar oleh Allah.

Jadi dalam kehidupan keagamaan murid-murid Yesus tentunya mengetahui banyak tentang doa, tetapi kenapa mereka masih bertanya kepada Tuhan Yesus, bagaimana cara berdoa?

Ketika Tuhan Yesus menjawab doa murid-muridnya IA tidak mengatakan seperti ini:

- Allah itu melihat hati, jadi berdoa apa saja akan didengar, atau IA berkata

- Yang penting berdoa dalam ruang tertutup, karena Bapamu di sorga, akan mendengar doa-doamu apabila engkau berdoa dalam ruang tertutup, atau

- Sebelum engkau berbicara , Allah telah mendengar, dan sebelum engkau berdoa IA telah mengerti apa doamu, karena IA MAHA TAHU, atau

- Lho, kan sudah banyak contoh doa-doa dalam Kitab Suci, apalagi doa YABES, itu doa paling manjur.....ngapain tanya-tanya cara berdoa?

Ada nggak alasan seperti diatas, atau alasan lain yang Tuhan Yesus kemukakan ketika murid-muridNYA bertanya kepadaNYA???

Tidak, IA berkata, Jika engkau berdoa, berdoalah demikian...........DOA BAPA KAMI......BAPA KAMI YANG DI SORGA.... LHO !!! Kok, Tuhan Yesus ngajarin doa baru kepada murid-muridNYA, aneh juga ya, padahal sudah banyak contoh doa dalam Kitab Suci mereka.

Memang sebelum mengajarkan doa Bapa Kami Ia memberikan beberapa contoh sikap dalam berdoa, seperti berdoa jangan bertele-tele, ditempat tersembunyi, sedekah diberikan secara diam-diam dan sebagainya, tapi di akhir IA mengatakan BERDOALAH DEMIKIAN......(Matius 6: 1-13)

Nah, kembali ke jaman sekarang, kalau memang kita ingin diubahkan semakin mirip dengan Tuhan Yesus, kenapa kita nggak berdoa seperti DIA berdoa, atau DOA BAPA KAMI sudah ketinggalan jaman.......'''

Saya melihat alasan sebenarnya yang mengganjal orang-orang kristen khususnya dari kalangan yang menginginkan berkat berkelimpahan ialah kata-kata dalam Doa Bapa Kami

"BERILAH KAMI PADA HARI INI MAKANAN KAMI YANG SECUKUPNYA Atau BERILAH KEPADA KAMI HARI INI REJEKI YANG SECUKUPNYA"

Nah ketauan juga ya. "I ya dong, gimana sih lu, gue kan harus hidup berkelimpahan seperti yang Yesus katakan "Aku akan memberikanmu hidup, dan hidup yang berkelimpahan" (Yoh 10:10)".

Itulah alasan salah seorang teman saya, ketika saya tanya kenapa gereja-gereja Pentakosta/Karismatik tidak pernah mengucapkan Doa Bapa Kami.

Alasan yang lain ialah, "Gimana gue bisa dapat berkat 30, 60 bahkan 100 kali lipat, kalo doa gue, "Berilah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya".

Itu kan doa waktu jaman susah, jamannya Yesus". Sekarangkan kebutuhan banyak, kalo secukupnya, mana tahan.......ada lagi yang mengatakan,

"Lho, emang nggak boleh doa lain, lagian itu Doa udah kuno, kitakan kalo doa dibimbing Roh Kudus, jadi nggak perlu doa bapa kami lagi"

Huhuhu ada aja alasan manusia. Tuhan tidak pernah melarang kita jadi kaya, siapa sih yang nggak mau kaya, saya pribadi pingin banget jadi kaya, yang menjadi permasalahan sekarang ialah, kalau kita kaya buat siapa?, buat perut kita sendiri?, atau buat kemuliaan Tuhan.

Nah, Tuhan juga tahu, kita pantas kaya , nggak?, karena biasanya kalau orang sudah dikasih berkat lupa sama Tuhannya.

Menurut pendapat saya pribadi, kita harus tetap mengucapkan doa tersebut, minimal 1x sehari (kayak minum obat aja, ada aturannya), itu kalo mau, kalo nggak mau ya nggak apa-apa, nggak ada aturannya kok dalam Alkitab. Mau tahu aturannya, ini kata kuncinya:

"Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga.........."

NAH, ANAK-ANAK GIMANA CARA BERDOA YANG TUHAN YESUS AJARKAN......Ini Kalo di Sekolah Minggu !!!

Yesus mengasihi anda dan seluruh keluarga anda

Posting Komentar untuk "Doa Bapa Kami"

pictory